.htaccess Buat Error Page Website


Tau ga gimana cara'ya mengarahkan suatu halaman website khusus page error yang kita buat apabila yang di akses halaman oleh pengunjung tidak ada atau sering disebut page not found, atau juga mengarahkan halaman website error tersebut apabila server sedang mengalami gangguan Bad Request, Forbide atau error yang terjadi pada sisi server lainnya.
Cara melakukan hal tersebut yaitu dengan mengedit file .htaccess, coba cari aja file tersebut di server anda pasti ada, kemudian anda bikin dulu suatu halaman website khusus untuk halaman error, halaman tersebut akan di alihkan apabila server mengalami gangguan yang di atas di sebutkan tadi.
Buka file .htaccess masukan script seperti di bawah ini :
ErrorDocument 400 /errors/halaman error1.html
ErrorDocument 401 /errors/halaman error2.html
ErrorDocument 403 /errors/halaman error3.html
ErrorDocument 404 /errors/halaman error4.html
ErrorDocument 409 /errors/halaman error5.html
Keterangan :
  •  /error/halaman error.html  yaitu tempat dan nama file website yang akan di akses apabila terjadi suatu error yang ada pada server.
  • 400 Bad Request yaitu kesalahan apabila suatu client melakukan hal-hal yang aneh terhadap URL atau Script suatu website.
  • 401 Authorization Required yaitu kesalahan apabila client tidak bisa masuk / mengakses kedalam suatu website, karena websute tersebut di otentikasi buat client-client tertentu saja.
  • 403 Forbidden yaitu tidak diijinkannya suatu client mengakses suatu perintah pada suatu server.
  • 404 Not Found yaitu tidak adanya halaman yang di akses oleh client.
  • 409 Conflicting Request yaitu kesalahan atas terjadinya suatu konflik request pada server yang dilakukan oleh suatu client.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 


Most Reading

Cek Ongkir

Cek Pengiriman